Tuesday, September 17, 2013

Dialog Wawancara Tema Pendidikan

Tugas Wawancara Bhs. Indonesia
Andi St. Haniyah Nadhifah Z. / 2
Kresna Utary Dewantoro / 18
XI IA 5
  • Tema            : Pendidikan
  • Judul            : Perpustakaan kota
  • Narasumber : Kresna Utary
  • Waktu          : 16.00 WITA
  • Tempat        : Kantor Departemen Pendidikan Kota Makassar
  • Sumber        : http://dindasrjv.blogspot.com/2012/05/hasil-wawancara-dalam-dialog-dan-narasi.html
  • Pertanyaan   :
Saya              : "Selamat sore"
Narasumber : "Selamat sore juga. Ada yang bisa saya bantu?"
Saya              : "Apa boleh saya mewawancarai Anda?"
Narasumber : "Ya, boleh silahkan."
Saya              : "Perkenalkan saya Haniah Nadhifah, siswi dari SMA Negeri 2 Makassar. Saya ingin mewawancarai anda mengenai Perpustakaan Kota di Makassar. Saya mulai pertanyaan pertama, menurut Anda bagaimana keadaan perpustakaan kota di Makassar saat ini?"
Narasumber : "Bisa dibilang lebih maju. Kualitasnya sudah mulai diperbaiki. Koleksi-koleksi bukunya pun saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman."
Saya              : "Sebenarnya seberapa penting perbaikan kualitasnya?"
Narasumber : "Bagi perpustakaan yang benar-benar berorientasi pada pendidikan sangat penting. Ini untuk mendorong minat baca masyarakat."
Saya              : "Buku apa yang paling menarik minat baca masyarakat menurut Anda?"
Narasumber : "Yang saya ketahui masyarakat terutama generasi muda lebih berminat pada buku cerita."
Saya              : "Mengapa buku cerita menjadi penarik minat pertama para pembaca?"
Narasumber : "Karena mungkin berhubungan dengan orientasi pendidikan sekarang yang dirasa membosankan. Jadi pendidikan saat ini seharusnya tidak sekedar mencari pengetahuan semata, namun juga yang meningkatkan minat baca."
Saya              : "Siapakah yang seharusnya bertanggung jawab untuk mengubah minat baca dari buku cerita ke buku pengetahuan?"
Narasumber : "Menurut saya pihak keluargalah yang utama dan selanjutnya adalah pihak guru di sekolah,"
Saya              : "Saya rasa hanya itu yang ingin saya tanyakan, terima kasih atas waktu luangnya. Selamat sore."
Narasumber : "Ya. Sama-sama. Selamat sore juga."
 

No comments:

Post a Comment